by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

[Ruijie Reyee seri EG] Blokir Situs dan Aplikasi dengan Ruijie Reyee

Jum'at, 28 April 2023, 13:35:14 WIB
Kategori: Ruijie

Blocking situs atau aplikasi adalah tindakan pembatasan akses ke suatu situs web atau aplikasi tertentu melalui pengaturan pada perangkat lunak pengamanan seperti firewall atau pengaturan pada jaringan komputer. Tujuan dari blocking situs atau aplikasi dapat bervariasi, mulai dari melindungi pengguna dari konten yang tidak pantas atau berbahaya, hingga mengendalikan akses ke situs atau aplikasi yang dianggap mengganggu produktivitas kerja atau merusak jaringan.

Reyee memberikan fitur yang diunggulkan untuk melakukan pembatasan akses ke situs atau ke aplikasi. Reyee dengan Fitur App Control kita bisa melakukan blocking terhadap aplikasi yang sudah ada atau bisa juga kita tambahkan secara manual.Selain itu fitur dari Reyee yang diunggulkan adalah fitur web management, untuk fitur ini digunakan untuk blokir situs atau website.
Untuk melakukan konfigurasinya kita harus menggunakan produk ruijie dengan seri Reyee EG(kecuali seri EG105GWi).

Sebelum melakukan konfigurasi pastikan teman-teman bisa meremote perangkat Reyee EGnya.

Konfigurasi App Control
yang pertama kita bisa melakukan remote ke perangkat EG kita, kemudian ke menu Behavior

Pada menu behavior kita pilih App Control 
Kemudian kita klik Add

untuk type kita pilih custom, sehingga kita akan memasukkan range ip yang akan kita block,bila kita ingin mengelompokkan range ip tertentu bisa memilih menggunakan User Group. 
Pada tampilan ini kita juga setting waktu blocking aplikasi dengan klik Time kemudian memilih weekday,weekend atau bisa juga dengan mengcustom disini saya akan memilih custom, kemudian pilih waktunya seperti gambar di bawah

Pada Tampilan ini kita bisa memilih hari dan jam berapa kita lakukan blocking untuk waktu yang disini sudah ada dengan durasi jam.

Kemudian kita klik Application List, disini kita akan memilih aplikasi-aplikasi yang akan kita blokir seperti ini

untuk Remarks adalah keterangan dari blocking yang kita lakukan, setelah itu kita ok
maka tampilannya akan seperti ini

Apabila aplikasi yang kita ingin blokir ternyata tidak ada kita bisa menambahkannya secara manual pada tab Custom

kemudian kita klik add, kita isi sesui dengan IP atau bisa juga dengan portnya untuk contoh seperti dibawah ini

Konfigurasi User Group
dalam jaringan terkadang kita mengelompokkan IP yang ada menjadi satu grup, nah fitur ini cukup membantu untuk mengelompokkan beberapa IP address atau range IP yang ada dalam jaringan kita.
Disini kita akan mencoba membuat grup dan memasukkan ip ke dalam grup yang telah kita buat, untuk langkahnya bisa mengikuti dibawah ini
Behavior > User management

kemudian kita klik Add

Pada tampilan yang ini kita masukkan grup yang akan kita buat dan klik ok
Hasilnya akan bertambah grup karyawan

Kemudian masuk ke grup yang telah kita buat dengan mengkliknya setelah itu kita klik  Add atau bisa juga klik tanda (+) pada grup yang kita buat
Untuk yang disini kita klik client dan pilih grup yang kita buat

Untuk username bisa kita isi sebagai penanda IP yang kita akan block dari ip siapa, disini kita akan menggunakan IP jadi untuk Typenya kita pilih IP, maka tampilannya akan seperti ini

Konfigurasi Web Management
Selain kita bisa memblokir aplikasi, kita juga bisa melakukan blokir terhadap situs atau website, nah untuk website kita akan menggunakn fitur Web Management. Untuk langkah-langkahnya berikut ini:
Pertama kita bisa ke menu Web Management dengan Behavior > Web Management > Website Filtering , kemudian kita klik Add

Konfigurasinya mirip dengan Control App sebelumnya tapi disini ini saya akan menggunakan Type User Group yang sudah dibuat sebelumnya.Blocked Website adalah situs yang akan kita blokir, kemudian kita tinggal OK.

Ketika kita akan menambahkan data situs yang akan kita blokir bisa saja kita tinggal menambahkannya pada Menu Website Group.

Nah disini sudah ada data yang default dari Reyee kita bisa edit atau bisa juga menambahkan grup, untuk menambahkan grup kita tinggal klik add dan tambahkan situsnya seperti ini

Itu tadi tutorial penggunaan Control App dan Website Management, dengan fitur ini kita sangat terbantu dengan konfigurasi yang cukup mudah dan data dari Reyee juga sudah banyak kita tinggal pakai saja data yang ada juga sudah bagus, akan tetapi kita tetap bisa melakukan modifikasi atau penambahan data.




Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Ruijie