by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

[RUIJIE - Reyee] Blacklist/Whitelist

Jum'at, 2 Desember 2022, 13:07:22 WIB
Kategori: Ruijie

Perangkat Ruijie memiliki fitur-fitur yang bisa digunakan untuk memanajemen jaringan kita. Sebagai contoh terdapat fitur Cloud yang bisa digunakan untuk memanajemen dan memonitoring perangkat-perangkat Ruijie, baik perangkat Access Point, Home Router, Router GW, Switch, dll. Ruijie juga memiliki fitur yang bisa digunakan untuk memanajemen akses berdasarkan aplikasi, untuk fitur ini menggunakan parameter “App Controll”. Namun pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai fitur Blacklist/Whitelist pada Ruijie.

Blacklist/Whitelist berfungsi untuk memanajemen perangkat-perangkat yang boleh terkoneksi ke Access Point.

Blacklist berfungsi untuk membuat daftar perangkat-perangkat yang TIDAK DIIJINKAN untuk terkoneksi, sehingga perangkat yang masuk di dalam list ini maka sama sekali tidak bisa terkoneksi.

Sedangkan Whitelist berfungsi untuk membuat daftar perangkat-perangkat yang HANYA DIIJINKAN untuk terkoneksi, perangkat yang tidak terdapat dalam list maka TIDAK di perbolehkan untuk terkoneksi.

Untuk topologi yang kami gunakan cukup sederhana seperti berikut:

Konfigurasi

Untuk Langkah awal, Pastikan konfigurasi basic terlebih dahulu pada RB750GL. Kemudian lakukan konfigurasi pada perangkat RG-RAP2200. Perangkat ini belum dikonfigurasi sama sekali, sehingga kita perlu untuk melakukan konfigurasi sederhana terlebih dahulu.

Untuk meremote Access Point Ruijie ini, silahkan koneksikan laptop ke SSID Ruijie. Default Format SSID nya adalah @Ruijie-XXXXX.

Kemudian, lakukan konfigurasi sederhana seperti Network Name, SSID, Password, dll.

Jika sudah, maka tunggu proses konfigurasi selesai. Proses ini biasanya memakan waktu hingga 1 menit.

Setelah satu menit maka check wireless pada laptop, pastikan SSID yang sebelumnya sudah dikonfigurasi sudah tersedia kemudian klik connect.

Remote perangkat Ruijie AP secara web base, isikan IP Address perangkat ke browser yang digunakan. Kemudian menu Blacklist/Whitelist bisa di temui pada menu WLAN.

Untuk menggunakan fitur ini, tentukan apakah fitur Blacklist/Whitelist di terapkan di Semua SSID, atau hanya pada SSID tertentu saja. Jika ingin menetapkan di semua SSID maka bisa pilih menu “Global Blacklist/Whitelist”, namun jika akan di terapkan di SSID tertentu maka bisa pilih menu “SSID-Based Blacklist/Whitelist”.

Sebagai contoh disini, kami akan menggunakan konfigurasi “Global Blacklist/Whitelist”, sehingga list akan digunakan untuk semua SSID yang terdapat pada AP.

Setelah menentukan menggunakan metode Global SSID atau SSID Based, maka tentukan metode yang akan digunakan mau menggunakan Blacklist atau Whitelist

Untuk menambahkan MAC Address perangkat, klik tombol Add yang terletak di sebelah kanan. Kemudian berikut tampilan yang didapatkan

Pada tahap ini, ada 2 metode yang bisa digunakan untuk menambahkan MAC Address perangkat. Bisa menggunakan MAC Address Perangkat, atau menggunakan Prefix. Jika menggunakan MAC Address perangkat maka yang tidak bisa terkoneksi hanya perangkat itu saja, namun jika menggunakan Prefix maka kita bisa menentukan MAC Address Vendor, sehingga untuk perangkat dengan merk atau vendor tertentu tidak bisa terkoneksi.

Setelah menambahkan perangkat ke dalam blacklist global, maka kita bisa lakukan pengujian. Dengan konfigurasi di atas, maka perangkat dengan MAC Address CE:3F:C4:95:7B:66 tidak bisa terkoneksi ke Access Point.

Note:

Saat ini fitur Blacklist/Whitelist belum tersedia di cloud, sehingga jika ingin membuat list secara terpusat masih belum bisa di lakukan. Alternatif selain menggunakan cloud bisa juga menggunakan RADIUS.




Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Ruijie