by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

[RUIJIE - Reyee] Konfigurasi 2 SSID dengan berbeda VLAN

Kamis, 3 November 2022, 04:34:55 WIB
Kategori: Ruijie

Segmentasi di jaringan akan diperlukan ketika ada kebutuhan untuk mebedakan layanan atau management di masing-masing client yang terkoneksi. Dengan adanya perbedaan segment ini akan mempermudah sebagai administrator jaringan dalam management client-clientnya, terlebih jika skala jaringan sudah cukup besar. Pembagian segment ini umumnya juga banyak diterapkan untuk area seperti hospitality, public WiFi.

Pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana mengelola jaringan WiFi dengan membedakan segment jaringan antar SSID. Sebagai contoh kasus akan diberikan koneksi untuk karyawan dan tamu, dan tentunya dari pembagian ini bisa dibedakan jenis layanan dan management yang akan diterapkan. Untuk segementasi ini akan dikombinasikan dengan konfigurasi VLAN yang mana nantinya setiap SSID akan menggunakan VLAN-ID yang berbeda.

Untuk perangkat Access Point (AP) yang digunakan adalah Ruijie Reyee RAP2200(E). Dan perangkat router management menggunakan MikroTik RB450G.

Gambar topologi dari jaringan yang akan dibuat,

Konfigurasi Router RB450G

Selanjutnya untuk konfigurasi pada router adalah cukup seting VLAN di interface lokal yang tersambung ke AP, yaitu VLAN 99, VLAN 100, dan VLAN 200.

Dan masing-masing VLAN tersebut disetting IP Address dan juga diaktifkan DHCP Server.

 

Konfigurasi Ruijie Reyee

Sesuai di topologi akan ada dua SSID yaitu Karyawan dan Tamu. Untuk SSID karyawan akan menggunakan VLAN-ID 100 dan untuk Tamu akan menggunakan VLAN-ID 200. Dan ada tambahan juga untuk akses/remote akan menggunakan VLAN sendiri yaitu VLAN-ID 99.

Langkah pertama, kita konfigurasi terlebih dahulu untuk distribusi VLAN akses/remote. Jadi nanti perangkat Ruijie Reyee akan mendapatkan alokasi IP Address dari segment VLAN-ID 99. Caranya pilih menu 'Overview' -> pada Device Info pilih 'Setup' -> Network -> WAN.

 

Pada bagian bawah pilih 'Advanced Setting' dan terlihat parameter VLAN ID yang masih kosong. Secara default Ruijie menggunakan VLAN-ID 1 untuk port WAN. Untuk parameter tersebut kita isi dengan nilai 99 (sesuai dengan VLAN-ID untuk akses/management).

Jangan lupa klik 'SAVE'  untuk menyimpan konfigurasi.

Selanjutnya bisa dilakuukan pengecekan apakah AP Euijie Reyee mendapatkan IP address sesuai dengan VLAN 99 yaitu di segment jaringan 10.69.69.0/24.

 

Langkah kedua, konfigurasi WiFi dengan SSID 'Karyawan' dan 'Tamu' dan mengambahkan informasi VLAN-ID untuk masing-masing SSID sesuai topologi. Untuk cara konfigurasi yaitu pilih menu 'WLAN' -> Wi-Fi -> Wi-Fi Settings.

Tentukan pada paremeter SSID, BAND, Security.

Untuk koneksi dengan SSID Tamu bisa disetting pada menu 'Guest Wi-Fi'.

Kemudian untuk assignment VLAN-ID, pilih 'Expand' dan akan terlihat parameter tambahan yang mana kita bisa setting informasi VLAN. Pilih opsi pada parameter VLAN dengan 'Other VLAN' dan tentukan VLAN-ID.

Untuk SSID 'Karyawan' menggunakan VLAN-ID 100 dan SSID 'Tamu' menggunakan VLAN-ID 200.

 

Uji Coba Konfigurasi

Jika konfigurasi pada Ruijie dan RB450G sudah dilakukan, kita bisa melakukan pengetesan dengan terkoneksi menggunakan perangkat mobile (Smartphone/Laptop) ke masing-masing SSID. Dan cek untuk alokasi IP Address yang didapat, apabila sesuai dengan masing-masing segment jaringannya maka konfigurasi sudah berhasil.



Sulih Tiyo Adi (TSO)

Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Ruijie