by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

Menggunakan SMTP Gmail Untuk Kirim Email di Router MikroTik (update juli 2022)

Senin, 25 Juli 2022, 14:07:02 WIB
Kategori: Tips & Trik

Kami pernah membuat artikel mengenai backup otomatis mikrotik menggunakan email yang pada saat itu menggunakan layanan email dari google yaitu gmail.

https://citraweb.com/artikel_lihat.php?id=119

Sayangnya, layanan gmail saat ini tidak bisa menggunakan password biasa yang menyebabkan panduan pada artikel tersebut tidak bisa dijalankan. Pada artikel ini kami akan mencoba metode baru yaitu adalah menggunakan smtp gmail dengan password aplikasi dan menerapkannya ke backup otomatis mikrotik menggunakan email.
 

Prasyarat

  1. Router mikrotik
  2. Akun google

Mengaktifkan password aplikasi pada google

Untuk bisa menikmati layanan smtp google lagi, kita perlu membuat password aplikasi khusus yang bisa dibuat pada halaman myaccount google dan pergi ke tab keamanan.

Jika kita scroll ke bawah, fitur akses aplikasi yang kurang aman sudah tidak tersedia lagi. Padahal ini adalah fitur yang biasa digunakan ketika ingin menggunakan smtp google.

Pada saat artikel ini dibuat, kita perlu membuat password aplikasi untuk menggunakan smtp google. Prasyarat dari membuat password aplikasi adalah kita perlu mengaktifkan terlebih dahulu verifikasi dua langkah.

Klik verifikasi 2 langkah dan untuk langkah langkah nya sebagai berikut:

Anda bisa memilih apakah ingin menggunakan ponsel, nomor telepon, atau cara yang lain.

Jika verifikasi 2 langkah sudah aktif maka di bawahnya akan ada tombol lagi yaitu Sandi Aplikasi, kalian bisa klik untuk membuat sandi aplikasi yang nantinya akan kita gunakan di mikrotik. 

Pada bagian pilih aplikasi, pilih lainnya (custom) dan kita tulis saja “MikroTik” kemudian klik buat. Nantinya teman teman akan mendapatkan 16 karakter acak yang disebut Sandi Aplikasi tersebut.

Sandi Aplikasi inilah yang akan kita gunakan pada konfigurasi email di mikrotik, kita tidak lagi menggunakan sandi normal akun google lagi. Karena sandi google sudah tidak bisa digunakan pada smtp di tahun ini.

Konfigurasi mail di mikrotik

Langkah selanjutnya kita konfigurasi email pada mikrotik dan mencoba untuk mengirimkan tes email.

Jika percobaan tes email bisa masuk, selanjutnya kita akan membuat scheduler script untuk melakukan backup otomatis setiap waktu yang akan kita tentukan.

/system/backup/save name=Routerku

:delay 5

/tool/e-mail/send to="emailtujuan@mail.com" subject="Routerku" body="Backup rutin routerku" file="Routerku.backup" tls=starttls

:delay 5

/file/remove Routerku.backup

 

Dan jika scheduler nya terpicu sesuai waktu yang kita tetapkan, seharusnya email penerima kita akan mendapatkan email yang berisi backupan dari router kita.




Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Tips & Trik