by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
Aturan | Tentang Kami | Kontak Kami

Artikel

[Cambium] Link Planner

Jum'at, 8 Oktober 2021, 09:08:00 WIB
Kategori: Fitur & Penggunaan

Ketika ingin membangun jaringan dengan wireless, maka langkah awal yang perlu kita lakukan adalah site survey. Site survey adalah hal yang cukup penting karena kita bisa mendapatkan gambaran dan data-data yang dibutuhkan mengenai lokasi yang akan kita bangun. Sehingga langkah awal yang perlu dilakukan untuk membangun wireless adalah site survey.
Untuk melakukan site survey tentunya ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, sebagai contoh seperti berikut:

  1. Menentukan jarak yang akan ditempuh.
  2. Menentukan kebutuhan bandwidth.
  3. Menentukan ketinggian tower yang ideal
  4. Setelah mengetahui jarak dan bandwidth, maka bisa menentukan perangkat yang akan digunakan.
  5. Lakukan observasi di lapangan untuk mendapatkan kondisi geografis
  6. Lakukan observasi terhadap halangan yang terdapat di tengah-tengah jalur, misal halangan berupa pepohonan, bangunan tinggi, gunung atau yang lainnya.

Setelah mendapatkan data-data yang diperlukan, maka kita bisa mencoba melakukan penghitungan di atas kertas terlebih dahulu.

Di internet terdapat banyak sekali aplikasi yang disediakan untuk melakukan perhitungan jarak wireless. Namun pada artikel kali ini, kami akan mencoba membahas mengenai aplikasi Link Planner.

Link Planner merupakan aplikasi wireless calculator yang dikhususkan untuk perangkat-perangkat Wireless Cambium. Sehingga Access Point dan Subscriber module yang digunakan juga harus sama-sama menggunakan perangkat Cambium.

Terdapat beberapa fitur yang disediakan oleh Link Planner dan cukup menarik. Fitur-fitur yang disediakan kurang lebih sebagai berikut:

1. Path - Untuk mendapatkan informasi mengenai ketinggian suatu tempat dari permukaan laut, obstacle, dll.



2. Profile Editor - Untuk mengedit ketinggian bumi, dan tinggi halangan seperti pohon, gedung, dll.



3. Custom Antenna - Menambahkan atau mengedit antenna yang digunakan, seperti antena gain, polarisasi, dsb.



4. Ketinggian antenna.



5. Tilt, - untuk menghitung kemiringan ideal berdasarkan posisi perangkat.


6. Google Earth sinkronisasi (view 3D).



7. Project Proposal Report. 

Download dan install Link Planner
Aplikasi Link Planner ini bisa di dapatkan pada halaman berikut: Link Planner. Aplikasi ini bisa dijalankan pada perangkat dengan operating system windows atau MAC OS.

Setelah berhasil di download, maka Anda bisa lakukan install aplikasi Link Planner terlebih dahulu. Untuk installnya pun cukup mudah untuk dilakukan, seperti menginstall aplikasi pada umumnya.
Jika sudah berhasil menginstall Link Planner maka tampilan dari aplikasinya adalah sebagai berikut:

 

Dalam membangun jaringan PTP atau PTMP maka kita bisa langsung menggunakan aplikasi Link Planner ini untuk melakukan kalkulasi, namun untuk mendapatkan data topografi yang lebih detail maka kita bisa menggunakan fitur "path" yang terdapat pada aplikasi link planner ini.
Langkah pertama yang bisa di lakukan adalah mengisi informasi pada menu tools>>Option.


Kemudian pada menu path profile, bisa klik "register for profile", nanti akan di arahkan pada halaman cambium, dimana kita bisa lakukan login dan klik generate new token.

 

Setelah berhasil mendapatkan token, maka isikan pada aplikasi link planner, pada menu tools>option>path profile.


Topologi Point To Point (PTP)

Untuk melakukan kalkulasi wireless Point to Point menggunakan Link Planner maka langkah awal yang bisa di lakukan adalah membuat project terlebih dahulu dengan cara klik File>New Project.
Setelah berhasil membuat project, maka project akan tertampil di sebelah kiri aplikasi.
Klik folder project dan Anda bisa isikan informasi general mengenai nama, alamat, email, dll yang berfungsi ketika nanti kita akan membuat project proposal report.

 

Kemudian, dalam menentukan titik koordinat lokasi wireless, bisa dilakukan di dalam menu "MAP" yang terdapat di bawah menu general information. Ada 2 cara yang bisa kita lakukan untuk menambahkan lokasi.
1. Mengisikan koordinat secara manual.
2. Menentukan koordinat menggunakan online MAP.


Tambahkan 2 site yang akan digunakan untuk Point to Point, yaitu sisi pemancar atau AP dan sisi penerima atau client.
Jika sudah, maka tambahkan link untuk menghubungkan lokasi kantor Citraweb dan kantor cabang.


Setelah link berhasil terbentuk, maka pada menu "PTP Link" akan terdapat link "Kantor Citraweb to Kantor Cabang". Klik pada menu tersebut, dan pada menu ini kita bisa memilih perangkat cambium yang akan digunakan, menentukan tinggi halangan. Jika sudah melakukan survey dan terdapat noise, maka bisa dikalkulasi dan melihat kualitas link yang terbentuk, dll.

 


Topologi Point To Multi Point (PTMP)

Untuk melakukan kalkulasi wireless PTMP dengan Link Planner ini caranya hampir sama dengan kalkulasi PTP.
Langkah pertama tandai lokasi yang akan dijadikan sebagai Access Point pada Map.
buat lokasi yang akan di jadikan sebagai titik Access Point. Tambahkan dengan klik tombol "New Network Site" untuk menambahkan titik yang akan dijadikan sebagai Access Point atau Pusat.
Sedangkat untuk perangkat client atau perangkat Subscriber Modulnya, bisa dengan menambahkan titik pada menu "New Subscriber Site".


Jika sudah berhasil menambahkan titik yang akan dijadikan AP dan SM, maka langkah selanjutnya klik "New Hub".


Jika setelah melakukan tahap ini, namun antenna masih belum sesuai, silahkan Anda putar terlebih dahulu antennanya supaya bisa mengcover Subscriber Module yang sudah di tambahkan.
Pilih Access Point yang akan digunakan pada menu AP-Citraweb : 1, seperti pada gambar berikut:

 

Jika sudah menentukan titik AP dan SMnya, dan juga sudah memilih Access Point yang akan digunakan, maka selanjutnya kita bisa menghubungkan AP dengan SM dengan menekan tombol "Add New PMP Link to Project".

 

Klik OK, dan nanti akan secara otomatis, perangkat AP dan ke 3 SM tersebut akan saling terkoneksi.


Untuk melihat status AP dan SM nya bisa dilakukan pada menu-menu berikut:


Cukup sekian kalkulasi yang bisa kita lakukan dengan aplikasi Link Planner ini. Caranya cukup mudah dan informasi yang didapatkan cukup padat. Dengan adanya aplikasi ini semoga bisa membantu teman-teman yang sedang melakukan perencanaan pemasangan wireless supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal ketika nanti di lapangan.



Artikel ini di buat pada 8 Oktober 2021.




Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan