by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
aturan | tentang kami | kontak kami

Artikel

OSPF External Route Redistribute

Kategori: Fitur & Penggunaan

Pada jaringan OSPF kita bisa melakukan redistribute informasi routing yang berasal dari luar (External Route) AS OSPF. Informasi routing yang akan didistribusikan ini nanti bisa berupa Connected Route, Static Route, maupun Dynamic Routing Protocol yang lain (BGP, RIP, OSPF).

Untuk melakukan redistribusi informasi routing ini digunakan LSA Type 5 di OSPF. Dan tipe LSA ini akan dikirimkan ke seluruh area di jaringan OSPF dalam satu AS kecuali area Stub dan NSSA (Not So Stubby). Khusus pada area NSSA jika ada redistribusi informasi routing eksternal, akan menggunakan LSA Type 7.  Perihal perbedaan tipe-tipe LSA pada OSPF bisa dilhat pada artikel sebelumnya disini.

Kemudian mekanisme yang digunakan oleh OSPF untuk melakukan redistribusi routing eksternal ini secara umum ada 2, yaitu:

Sehingga perbedaan mendasar dari kedua mekanisme diatas ada pada nilai dari OSPF Metric untuk menuju ke ASBR yang melakukan redistribute tersebut. 




Seperti contoh topologi diatas, ketika menggunakan mekanisme E1 (as Type 1) dari R3 --> ASBR maka nilai cost atau OSPF Metric adalah 31. Hal ini didapat dari jumlah internal cost R3 --> ASBR dan nilai External Cost/Metric untuk redistribute BGP.

Akan tetapi jika menggunakan E2 (as Type 2) maka dari R3 --> ASBR nilai OSPF Metric adalah 1. Karena sistem hanya melihat nilai dari External Cost/Metric untuk redistribute BGP saja. 

Konfigurasi

Penentuan mekanisme redistribute external route apakah menggunakan E1 (as Type 1) atau E2 (as Type 2) dan juga nilai External Metric, kita bisa setting pada 'Instance' di OSPF.

 

Dari gambar diatas pada MikroTik untuk sistem OSPF-nya bisa melakukan redistribute beberapa jenis external route seperti Connected Route, Static Route, RIP, BGP, dan OSPF route yang lain.

Dan nilai External Metric juga sudah tersetting secara defult nilainya, misal Connected Route, Static Route, RIP menggunakan nilai 20 sedangkan Default Route dan BGP menggunakan nilai 1.




Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan