by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
aturan | tentang kami | kontak kami

Artikel

Network Type OSPF - NBMA dan PTMP

Kategori: Fitur & Penggunaan

Minggu lalu kita sudah membahas mengenai Routing Type OSPF, terdapat 4 Routing Type pada OSPF yaitu Broadcast (default), Point to Point (PTP), Non Broadcast Multiple Access  (NBMA), dan Point to Multipoint (PTMP). Detail penjelasan mengenai Routing Type pada OSPF dapat Anda lihat pada artikel kami yang berjudul OSPF Network Type

Artikel kali ini merupakan kelanjutan mengenai pembahasan Minggu lalu yaitu Network Type OSPF.

Pada artikel kali ini kita akan melakukan melakukan percobaan mengenai Network Type OSPF NBMA dan PTMP. Dan berikut topologi yang kami gunakan:


Percobaan pertama kita menggunakan Network Type OSPF-PTMP untuk topologi diatas, untuk langkah pertama pastikan wireless pada perangkat sudah terkoneksi dan sudah dapat saling komunikasi. Contoh konfigurasi wirless Point to Multipoint dapat Anda temui pada artikel kami yang berjudul Membangun Jaringan Wireless Mikrotik. Setelah wireless tiap perangakt sudah saling terkoneksi maka langkah selanjutnya adalah konfigurasi IP sesuai dengan alokasi IP seperti dengan alokasi IP pada topologi diatas.
Kemudian kita masuk ke menu routing>>OSPF kemudian masuk ke tab Network, kemudian kita tambahkan alamat yang ingin di advertise. Kita harus tambahkan untuk tiap-tiap Router.


Setelah berhasil menambahkan alamat IP di Router-A dan Router-B, kemudian kita perhatikan pada tab interface OSPF.


Secara defaultnya Network Type yang digunakan adalah Broadcast. Maka kita harus merubah Network type tersebut secara manual dengan membuat interface baru dengan cara klik (+) kemudian sesuaikan "interface" yang digunakan dan juga pada parameter "Network Type" pilih ptmp.


Maka dengan begitu akan muncul interface baru dengan sifat statis yang akan me-replace interface wlan1 yang menggunakan network type broadcast dengan sifat dinamis tadi.


Kita juga bisa melihat pada tabel Neighboor untuk perangkat-perangkat yang terkoneksi dengan jaringan OSPF, dan berikut tabel Neighboor yang didapat jika kita menggunakan Network Type Point to Multi Point (PTMP).


Kemudian kita bisa lakukan check tabel Routing pada menu IP>>Route, dan berikut hasil yang didapat ketika kita menggunakan Network Type PTMP.


Untuk menggunakan Network Type NBMA langkahnya kurang lebih sama seperti diatas, kita harus menambahkan alamat network pada tab "network" OSPF. Kita juga harus melakukan penyesuaian seperti pada tab "interface" kita pilih "network type" nya adalah NBMA.


Tidak cukup sampai disini, karena kita menggunakan Network Type NBMA maka kita harus menambahkan Neighbors secara manual pada tab "NBMA Neighbors".


Setelah berhasil menambahkan Neighbors maka kita bisa melakukan pengecekan ke tab Neighbors OSPF, dan berikut tabel Neighbors yang didapat:


Dan berikut tabel Routing yang didapat ketika kita menggunakan Network Type NBMA.






Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan