by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
aturan | tentang kami | kontak kami

Artikel

Fungsi tombol 'Mode' di MikroTik

Kategori: Fitur & Penggunaan

Pada produk router SOHO MikroTik keluaran terbaru ditambahkan sebuah tombol baru disamping tombol 'Reset/WPS'. Pada casingnya sendiri tombol tersebut terdapat indikator dengan nama 'Mode'.

Pada saat pertama kali keluar pada versi RouterOS v6.40.3 yaitu ditambahkan pada produk RB750Gr3. Namun masih banyak yang bingung dengan fungsi dari tombol tersebut. Dan pada artikel kali ini kita akan membahas apa fungsi dari tombol 'Mode' ini.


Untuk saat ini sudah ada beberapa produk yang ditambahkan tombol mode ini seperti di hEX Series, hAP series, dan cAP series.


Sesuai dengan informasi yang ada pada changelog diatas, tombol ini bisa digunakan dengan konfigurasi pada fitur 'Script' di MikroTik. Jadi secara garis besar fungsinya adalah ketika tombol mode ini di tekan maka system akan mengeksekusi script yang sudah ditentukan.


Untuk mengaktifkan tombol mode ini bisa menggunakan CLI. Namun pada RouterOS v6.41.3 sudah ditambahkan menu di GUI/Winbox untuk produk-produk yangb support 'Mode Button'.


Untuk mencoba fungsi dari tombol ini, kita akan mencoba mengaktifkan untuk kebutuhan Reboot router. Sehingga ketika kita membutuhkan reboot pada perangkat routerboard, maka kita tinggal menekan tombol mode ini.

Pertama, kita buat terlebih dahulu script untuk reboot router. Contoh konfigurasi script seperti dibawah ini.

Kedua, kita akan mengaktifkan fungsi dari tombol mode, bisa menggunakan New Terminal atau Winbox.

Kemudian untuk konfigurasi juga bisa menggunakan 'New terminal' dengan contoh script berikut:

/system routerboard mode-button set on-event=Mode
/system routerboard mode-button set enabled=yes

Dari sini untuk script yang dieksekusi bisa dikembangkan, seperti untuk fungsi backup konfigurasi, fail over, dll.






Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan