by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
aturan | tentang kami | kontak kami

Artikel

Review CWDM-MUX8A

Kategori: Fitur & Penggunaan

WDM (wavelength-Division Multiplexing) merupakan sebuah teknologi dalam jaringan fiber optic yang bisa digunakan untuk menggabungkan beberapa sinyal optic ke dalam sebuah kabel fiber optic fisik menggunakan beberapa wavelength yang berbeda. WDM memungkinkan komunikasi 2 arah untuk beberapa sinyal tranmisi dengan hanya melewati 1 kabel fiber optic fisik. Teknologi ini menjadi solusi atas terbatasnya kabel fiber optic fisik yang bisa digunakan dibanding dengan banyaknya tranmisi yang dibutuhkan.

WDM system bisa dibangun dengan menggunakan sepasang alat bernama Multiplexer dan Demultiplexer. Multiplexer dipasang sebagai transmitter untuk menggabungkan beberapa sinyal optic. Multiplexer dihubungkan ke sebuah Demultiplexer dengan satu fiber optic. Demultiplexer berfungsi untuk kembali memecah sinyal optic dari satu kabel ke banyak kabel fiber optic fisik.

Teknologi WDM dibagi ke dalam 2 jenis, yakni DWDM (dense wavelength division multiplexing) dan CWDM (coarse wavelength division multiplexing). Secara fungsi keduanya memiliki fungsi yang sama, hanya saja berbeda pada sisi jarak wavelength, jumlah channel yang dapat dihandle dan kemampuan memperkuat sinyal optic terutama pada koneksi jarak jauh. Secara sederhana, DWDM biasa digunakan untuk skala jaringan yang besar, sedangkan CWDM untuk jaringan skala menengah dengan jarak antar site lebih pendek.

Di Mikrotik sendiri, dalam hal teknologi fiber optic, beberapa produk router dan switch Mikrotik sudah disediakan SFP Cage, sehingga produk-produk Mikrotik sudah dapat digunakan pada jaringan fiber optic. Sebut saja produk seri CloudCoreRouter (CCR) , switch CRS dan beberapa produk Router Indoor untuk SOHO semacam hAP Ac, RB2011 dan sebagainya.

Untuk menambah lini produk perangkat jaringan fiber optic, baru-baru ini Mikrotik merilis produk CWDM-MUX8A (Coarse Wavelength-Division Multiplexing) 8 channel. CWDM-MUX8A merupakan perangkat Multiplexser (MUX) dan bisa juga difungsikan sebagai Demultiplexser (DEMUX) pasif.

 

CWDM-MUX8A ini memungkinkan kita untuk membangun hingga 8 channel. Setiap channel pada CWDM-MUX8A memiliki wave length atau panjang gelombang yang berbeda-beda. Panjang gelombang yang disediakan adalah 1470, 1490, 1510, 1530, 1550, 1570, 1590, 1610. Produk CWDM-MUX8A ini bisa digunakan untuk SFP 1G, SFP+ (SFP 10G), bisa juga digunakan secara bersamaan. Untuk SFP-1G dapat mencapai jarak hingga 40km sedangkan SFP-10G up to 10km.

Pada sebelah kiri terdapat 2 port, yakni port Line dan Monitor. Port Line digunakan sebagai jalur backbone fiber optic untuk menghubungkan MUX ke DEMUX. Port Monitor digunakan untuk melakukan monitoring power dari Fiber Optic menggunakan perangkat OPM (Optical Power Meter).

Sebagai gambaran penggunaan, CWDM-MUX8A dapat diimplementasikan untuk menghubungkan dua daerah yang sebenarnya membutuhkan lebih dari 1 koneksi fiber optic seperti gambar berikut ;

 


Contoh Kasus :

Sebagai contoh kasus, terdapat sebuah penyedia layanan yang melayani banyak client di area dengan jarak 40km dari kantor pusat. Setiap client mendapat akses dan layanan dengan kebijakan yang berbeda menggunakan kabel fiber optic. Jika dari kantor penyedia layanan ke client dihubungkan dengan sebuah kabel fiber optic, maka perusahaan penyedia layanan tersebut harus membangun koneksi fiber optic  sejumlah client yang terkoneksi.

Tanpa CWDM


Skema ini selain membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membangun infrastruktur fiber optic tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Belum lagi jika jumlah client terus bertambah, berarti harus kembali menarik kabel baru.

Dengan CWDM

Pada kondisi tersebutlah kita dapat mengimplementasikan CWDM-MUX8A. Sehingga dari kantor penyedia ke client cukup dibangun satu kabel fiber optic saja. Perangkat CWDM-MUX8A akan melewatkan semua sinyal / channel fiber optic tersebut hanya melalui satu kabel fiber optic saja. Cukup gunakan sepasang CWDM-MUX8A pada kedua titik seperti gambar berikut :

 
Dengan kondisi tersebut, misal di sisi cabang / client penggunanya bertambah, maka tidak perlu menarik kabel fiber optic yang baru, sebab CWDM-MUX8A menyediakan hingga 8 port / channel SFP yang bisa digunakan.

Keuntungan penggunaan CWDM-MUX8A:
  1. Meningkatkan efisiensi jaringan fiber optik yang ada, Karena hanya menggunakan 1 line kabel fiber optic sebagai backbone untuk menghubungkan beberapa titik.
  2. Mudah digunakan.
  3. CWDM tidak membutuhkan listrik, sehingga kita dapat menghemat konsumsi listrik
  4. Mengurangi pemeliharaan peralatan dan biaya instalasi Fiber Optik tentunya.
  5. Produk ini bisa digunakan dengan produk non Mikrotik yang berada di pasaran.







Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan