by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
aturan | tentang kami | kontak kami

Artikel

Login Hotspot Menggunakan MAC-Address

Kategori: Fitur & Penggunaan

Hotspot merupakan fitur MikroTik yang paling banyak digunakan untuk mengelola koneksi jaringan terutama koneksi wireless di public area. Dan fitur ini juga merupakan salah satu keunggulan dan banyak orang yang menggunakan MikroTik karena adanya fitur hotspot ini. Beragam konfigurasi yang bisa disetting pada fitur ini sehingga banyak meng-cover kebutuhan jaringan yang diinginkan.

Pada artikel kali ini akan dibahas salah satu konfigurasi yang bisa diterapkan pada hotspot MikroTik, yaitu login hotspot berdasarkan MAC Address perangkat client. Metode ini hampir sama dengan 'IP Binding', ketika client terkoneksi ke jaringan hotpsot tidak perlu lagi memasukkan username dan password untuk authentikasi. Namun dengan cara ini kita masih bisa management client melalui 'Hotspot User Profile' dan juga beberapa parameter pada 'Hotspot User'.

Langkah pertama yang harus dikonfigurasi adalah pada 'Server Profile' yang digunakan. Kemudian pilih pada Tab 'Login'.

Kita pilih opsi 'MAC' pada parameter 'Login by'. Dengan memilih opsi tersebut kita akan mengaktifkan parameter MAC Auth Mode. Dan kita pilih 'MAC as Username and Password'.

Selanjutnya, kita akan konfigurasi pada menu 'User' untuk membuat account sebagai authentikasi hotspot. Berdasarkan konfigurasi diatas kita bisa menggunakan MAC Address dari perangkat client sebagai username dan password.

Sampai langkah ini harusnya ketika ada client yang terkoneksi ke jaringan hotspot dengan perangkat yang MAC Address-nya sudah masuk dalam pengaturan di menu user, maka secara otomatis akan langsung ter-authentikasi tanpa harus memasukkan username dan password lagi.

Selain itu, kita juga masih tetap bisa melakukan management melalui menu 'Hotspot User Profile' seperti pengaturan bandwidth secara dinamis, packet/connection marking, session/keepalive timeout, dll.






Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan