by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
aturan | tentang kami | kontak kami

Artikel

Menambah Tools Winbox pada The Dude

Kategori: Tips & Trik

The Dude merupakan Aplikasi gratis dari Mikrotik yang dapat digunakan untuk memonitoring dan memanajemen perangkat jaringan kita. The Dude saat ini terbagi menjadi 2 versi, Yaitu The Dude Server yang diinstal pada Router sedangkan The Dude Client yang digunakan pada Client Leptop. Untuk saat ini The Dude Server hanya support untuk beberapa perangkat Mikrotik saja seperti Tile, ARM, MMIPS, x86 dan CHR. Penjelasan lebih dalam mengenai The Dude, dapat Anda baca pada Artikel kami yang berjudul Monitoring dengan aplikasi The Dude.

The Dude dikenal merupakan sebuah aplikasi yang lengkap. Selain bisa monitoring jaringan dalam bentuk Map, notifikasi perubahan status perankat, juga tersedua tool seperti SSH, Telnet, Webfig untuk dapat langsung melekukan remote akses ke perangkat.

Saat ini The Dude versi terbaru, tidak ada fitur untuk remote perangkat Router Mikrotik menggunakan Winbox. Namun tenang itu bukan suatu masalah yang berarti. Karena kita juga bisa membuat custom tools pada The Dude dan menambahkan tools Winbox pada The Dude tersebut.

Langkah pertama
Download dan simpan winbox.exe di Laptop pada direktori yang mudah digunakan, misalnya simpan winbox.exe pada direktori D. Nantinya  The Dude akan mencari Winbox pada direktori laptop kemudian meng-eksekusinya.

Langkah Kedua
Silahkan buka The Dude client yang sudah terinstall pada laptop. Kemudian masuk ke menu Tools yang berada di sidebar sebelah kiri, kemudian tambahkan tool baru dengan nama Winbox.

Pada parameter Command silahkan isikan:

  D:winbox.exe [Device.FirstAddress] [Device.UserName] "[Device.Password]"

Berdasarkan command tersebut, The Dude akan mencari file winbox.exe pada direktori D: Penambahan Tools tersebut akan terlihat pada tampilan ketika kita lakukan klik kana perangkat, seperti gambar berikut


Jika The Dude Server akan diakses oleh banyak Client / Laptop, maka agar Tools Winbox dapat digunakan Laptop tersebut juga harus menyimpan file winbox.exe pada direktori D. Jika pada direktori D tidak ditemukan file winbox.exe maka akan mendapatkan tampilan eror seperti berikut:


Jika pada jaringan lokal Anda memiliki username dan password Router yang berbeda-beda maka dapat disesuaikan dengan cara klik 2X pada perangkat, kemudian sesuaikan username dan password Router pada kolom Username dan Password.





Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Tips & Trik