by: CITRAWEB SOLUSI TEKNOLOGI, PT
aturan | tentang kami | kontak kami

Artikel

Konfigurasi VLAN pada ROS v6.41

Kategori: Fitur & Penggunaan

Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya bahwa untuk versi ROS terbaru fitur switching dengan konfigurasi parameter 'Master-Port' sudah di-hapus. Sehingga jika kita ingin mengubah router kita menjadi perangkat layer2 maka kita hanya bisa menggunakan metode bridging. Perubahan fitur ini bisa dilihat pada link artikel sebelumnya disini.Dengan tidak adanya pengaturan mode Switch, bagaimana jika kita akan handle VLAN pada router tersebut?

Pada versi terbaru untuk pengaturan VLAN tetap sama seperti sebelumnya, yaitu kita bisa melakukan konfigurasi pada menu SWITCH. Perbedaannya hanya pada bagaimana cara konfigurasi interface ethernet router menjadi satu broadcast domain.

Karena tidak adanya parameter Master-Port pada tiap ethernet Router, maka pengaturan setiap ethernet agar bisa berada dalam satu broadcast domain bisa menggunakan fitur Bridge.


Selanjutnya kita tinggal konfigurasi VLAN pada menu 'Switch'. Seperti konfigurasi umumnya kita tentukan mana interface yang menjadi 'Tagged Port/Trunk' dan mana yang menjadi 'Untagged Port/Access'.

Contoh diatas misalnya untuk ether3 menjadi 'Tagged/Trunk Port' sedangkan ether4 & 5 sebagai 'Untagged/Access Port'.

Kemudian pada menu SWITCH di tab 'VLAN' kita buat VLAN table dan menentukan Egress dan ingress port untuk tiap VLAN-ID yang akan dilewatkan. Sebagai contoh disini terdapat dua VLAN, yakni VLAN-ID 100 dan VLAN-ID 200. Untuk VLAN-ID 100 akan menggunakan ether3 & ether4 sebagai 'ingress/egress' sedangkan VLAN-ID 200 menggunakan ether3 & ether 5 sebagai 'ingress/egress'.

 

Walaupun pengaturan dilakukan pada menu Bridge, namun HW Ofload secara default aktif saat penambahan Birdge Port dan traffic akan dilewatkan pada Switch Chip Routerboard, seperti pembahasan pada artikel kami sebelumnya.





Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan